Harus Tahu, Ini Kelemahan dan Kelebihan Telegram     

kelemahan dan kelebihan telegram

Di zaman digital seperti saat ini, sudah banyak sekali perkembangan platform aplikasi untuk saling berkirim pesan. Ada yang menonjolkan fitur stiker yang lucu dan atraktif, ada yang kepraktisannya, ada pula yang menonjolkan kapasitas grup pengguna. Salah satu aplikasi untuk berkirim pesan yang saat ini sedang populer adalah Telegram. Aplikasi ini marak digunakan karena berbagai kelebihannya.

Telegram sendiri merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk mengirim pesan secara rahasian (enkripsi end to end) sebagai fitur keamanannya. Tidak hanya itu, Telegram juga memungkinan untuk pengiriman gambar atau video sebagaimana aplikasi kirim pesan lainnya. Kali ini, yuk kita bahas kelemahan dan kelebihan telegram!

Harus Tahu, Ini Kelemahan dan Kelebihan Telegram

Kelebihan Telegram

Hal pertama yang perlu diketahui adalah bahwa Telegram ini dapat diunduh dan digunakan secara gratis. Baik lewat playstore bagi pengguna Android, atau lewat istore bagi pengguna iOS. Meski aplikasi ini gratis, dapat dipastikan bahwa tidak terdapat iklan di Telegram. Pihak pengembang mengatakan bahwa Telegram akan terus dapat digunakan secara gratis dan tanpa iklan. Dan tentu saja, untuk berkirim pesan juga tidak ada biaya tambahan, melainkan cukup terkoneksi internet saja.

Kemudian, kelebihan yang selanjutnya, Anda dipastikan dapat mengirim pesan lebih cepat. Hal ini dikarenakan Telegram ini berbasis cloud. Jangan khawatir Telegram akan memakan banyak memori dari perangkat Anda, karena ukuran aplikasi ini cukup ringan. Ukuran grafisnya pun kecil, sehingga RAM perangkat Anda akan tetap aman.

Berbeda dari whatsapp yang jika ingin mengaktifkan fitur whatsapp web di PC maka ponsel harus tetap menyala, Telegram tidak demikian. Anda tetap bisa mengakses lewat berbagai perangkat tanpa Telegram yang di ponsel harus menyala. Dengan demikian, Anda lebih bisa menghemat baterai maupun data internet.

Baca Juga :  Spesifikasi dan Daftar Harga Hp Oppo Terbaru 2018

Fitur yang paling digemari adalah adanya grup yang bisa menampung banyak orang. Jika versi standarnya hanya berkisar 100 orang, maka bila sudah diupgrade ke supergroups, sebanyak 1000 orang bisa bergabung di grup tersebut. Ada pula fitur channel yang memungkinkan Anda melakukan broadcast dan bisa menampung anggota tanpa batas. Untuk berbagi file pun juga mudah serta bisa beraneka macam.

Di Telegram Anda bisa berbagi baik foto, video, hingga dokumen berbagai format dengan ukuran maksimal 1,5 GB. Menarik sekali bukan di saat batasan file Whatsapp hanya sekitar 16 MB. Untuk pengiriman stiker di Telegram gratis dan cepat dengan format webP. Stiker ini semakin menyemarakkan percakapan Anda. Selain itu, Anda juga bisa membuat sendiri stiker yang diinginkan secara mudah.

Selanjutnya, apakah Anda pernah mendengar soal Bot? Ya, Telegram juga dilengkapo dengan fitur Bot. Aplikasi ini memungkinkan akun dijalankan oleh bukan orang. Bot ini bisa melakukan broadcasting dan lain sebagainya sebagai wujud dari fitur AI (Artificial Intelligence). Untuk tingkat keamanan, bisa dipastikan Telegram lebih aman dibanding Whatsapp. Terdapat fitur secret chat yang membuat pesan Anda selalu aman.

Kekurangan

Sebagaimana produk lainnya, Telegram pun pasti juga punya kekurangan. Hal yang sedang ramai diperbincangkan adalah enkripsi keamanan user. Telegram menggunakan cloud sebagai media penyimpanan percakapan pengguna. Nah, ini berarti bahwa percakapan tersebut disimpan oleh server. Kemudian, Telegram belum dilengkapi fitur untuk telepon. Terakhir, user dari Telegram sendiri belum sebanyak aplikasi pengirim pesan lainnya seperti Whatsapp, Line dan WeChat.

Itu dia sekilas soal Telegram. Meski terdapat kekurangan, tidak dipungkiri bahwa adanya Telegram ini memudahkan bagi sebagian orang penggunanya. Lalu, bagaimana? Apakah Anda sendiri pengguna Telegram?

Baca Juga :  Pengguna Xiaomi Sejati? Pakai Redmi Note 6 Pro yang Punya Spesifikasi Mantap

 

Leave a Reply